Sebarkan Video Bagian Sensitif, AP Diringkus Satuan Reskrim Polresta Banyumas

Viralbanyumas.com – Senin (8/2/2021), Satuan Reskrim Polresta Banyumas bersama Unit Reskrim Polsek Jatilawang Polresta Banyumas Polda Jawa Tengah berhasil mengamankan AP (20) warga Kota Bekasi Jawa Barat pelaku pengunggah foto dan video yang melanggar kesusilaan, pemerasan dan atau pengancaman.

Kapolresta Banyumas Kombes Pol M. Firman L. Hakim, S.H., S.I.K., M.Si., melalui Kasat Reskrim Kompol Berry, S.T., S.I.K., mengatakan bahwa peristiwa tersebut bermula pada hari Sabtu (6/2/2020), pelaku AP melakukan perbuatan pengancaman dan atau pemerasan kepada korban MAA (14) warga Kecamatan Jatilawang apabila tidak mengirimkan uang sejumlah 3 juta rupiah maka foto dan video bergambar korban dalam keadaan kelihatan bagian sensitifnya akan disebarkan kepada orang lain dan akun media sosial.

“Karena korban tidak mengirimkan uang sesuai permintaan, kemudian oleh pelaku foto dan video tersebut disebarkan dengan cara dikirim ke teman pelaku dan ke media sosial akun youtube. Dan atas kejadian tersebut korban melaporkan ke Polsek Jatilawang Polresta Banyumas”, terangnya.

Setelah melaksanakan penyelidikan, pelaku AP berhasil diamankan di Kota Bekasi Jawa Barat beserta barang bukti berupa delapan lembar hasil cetak screenshoot whatsapp, satu unit HP merk VIVO Y15  warna hitam, satu lembar bukti transfer, satu unit HP merk REDMI 9 warna biru dan satu kartu ATM BCA.

“Saat ini AP dan batang bukti kami amankan di Mapolresta Banyumas guna penyidikan lebih lanjut. Pelaku AP dijerat dengan UU ITE dimana setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan, pemerasan dan/atau pengancaman sebagaimana dimaksud dalam pasal pasal 45 ayat (1), (4) UU RI No. 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,”jelasnya.

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.