Kades Sianggunan Kec Sosopan Bantah Perambahan Hutan di Wilayahnya

Padanglawas, viralbanyumas.com // Maraknya di kalangan masyarakat terkait dengan adanya dugaan penebangan atau perambahan hutan di salah satu Desa di Kecanatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), tepatnya di Desa Sianggunan, baru-baru ini.

Menurut informasi yang diterima Media via nomor seluler 08527012XXX, Sabtu (20/09/21) yang mengaku masyarakat Desa setempat mengatakan, bahwa terjadi penebangan liar dan perambahan Hutan besar-besaranan dengan menggunakan alat-alat berat, modusnya pembukaan Perkebunan Inti Rakyat (PIR) di Desa Sianggunan Kec. Sosopan Kab. Palas, tanpa izin dari instansi terkait, dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi.

Lebih lanjut dijelaskannya, pelakunya adalah CV. Mutiara Batang Toru, Direkturnya Randi, Ucap Masyarakat tersebut.

“Alat beratnya hingga sekarang masih ada di lokasi, berupa alat berat Escavator , hardtop penarik kayu (Mobil derek) dan mobil colt diesel yang masih bermuatan kayu dilokasi, sambungnya.

Terkait dugaan ini, beberapa Media Online menelusurinya ke Desa Sianggunan dan menjumpai Kepala Desa (Kades) Sianggunan Raja Sahnan Nasution, Minggu, (21/03/21).

Saat dijumpai, Kades Sianggunan Membantah dengan tegas terkait adanya kegiatan penebangan liar dan perambahan hutan di desanya tersebut.

Diakui Kades, rencana untuk membuka lahan PIR memang benar ada bekerjasama dengan pihak PT. Mutiara Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.

“Nantinya akan dikelola PIR jenis kopi ateng”, ujar Kades.

“Tapi, sekarang masih sebatas tahap pembukaan jalan menuju lokasi PIR. Hingga saat ini, menurut sepengetahuan saya belum ada kayu yang keluar dari lokasi”, tegasnya.

Menurutnya, lahan PIR yang direncanakan tersebut adalah lahan PUTIH sesuai pernyataan BKSDA berlokasi di Aek siborang Sianggunan

Terpisah, Kapolsek Sosopan AKP H.S. Batubara S.Pdi, melalui kanit Provos, Aipda Irdan Hasibuan. Minggu (21/03/21), mengatakan, pihaknya telah melakukan penelusuran ke lokasi untuk mengambil keterangan terkait adanya informasi kegiatan pengambilan kayu di Desa Sianggunan, antara pengusaha kayu CV Mutiara Randi bersama Kades Sianggunan pada jumat (19/03/21).

“Sebelumnya Pada hari Sabtu (21/03/21), Kanit Tipiter Polres Palas IPDA. Budi Chandra Nasution, SH beserta petugas Kapeha VII Gunung Tua, David, bersama Kades Sianggunan, turun kelokasi, dalam hal mengambil keterangan pekerja yang ada di lapangan. Salah satunya pihak eksevator dan pihak derek beserta pengukur kayu. Kata Irdan, selanjutnya saya tidak mendapat informasi lagi setelah pihak Polres Palas dan Petugas Kapeha VII Gunungtua beranjak dari lokasi. Tutupnya.

(Aswin)

banner 300x250

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.